Senin, 28 November 2011

Lisensi Produk DISNEY DIY ("Do It Yourself")

Terkenalnya karakter Disney bagi sebagian anak-anak Indonesia membuat produsen produk-produk interior memasukkan karakter Disney dalam lini produknya. Dan memang pasarnya cukup menggiurkan dimana produk-produk dengan karakter Disney ini dapat menarik minat konsumen untuk mendekorasi ruangan tempat anak-anak mereka bermain, belajar atau tidur dengan menggunakan produk tersebut.

Hal tersebut berpengaruh juga terhadap banyaknya produk sejenis yang mirip dengan produk asalnya namun tentu dengan kualitas dan spesifikasi berbeda baik dari ukuran, bentuk maupun kemasan. Produk dengan karakter Disney harus memiliki lisensi dalam pemasaran di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan hak cipta dan umumnya berkaitan juga dengan jaminan kualitas pada produk yang dijual.

Secara umum, sukar melihat adanya perbedaan antara produk Disney berlisensi (dijamin secara kualitas) dengan produk sejenis (mirip aslinya). Beberapa perbedaan yang dapat dilihat adalah pencantuman nama dan/atau logo Disney pada produk. Seperti contoh berikut;

Produk Disney berlisensi

Produk sejenis (tanpa lisensi)

Kualitas yang dijamin oleh produk berlisensi dapat diberikan karena produsen produk tersebut juga harus memiliki lisensi dalam pembuatan produk Disney, sehingga ada standar mutu dan kualitas yang perlu dijaga mulai dari produksi hingga ke tangan konsumen.

4 komentar:

  1. http://safetyshoeid.wordpress.com/2014/10/28/cara-membuat-sepatu/

    http://journalinforma.wordpress.com/2014/11/10/cara-ikat-sepatu-anda/#more-44

    http://droshasafetyshoes.esy.es/uncategorized/cara-temukan-sepatu-sempurna-bridal-pernikahan/

    http://droshasafetyshoes.esy.es/tips/winter-boots-and-snow-boots/

    http://weshoe.blogspot.com/2014/11/cara-memakai-atau-menggunakan-sepatu.html

    http://weshoe.blogspot.com/2014/10/cara-merawat-sepatu.html

    BalasHapus
  2. http://weshoe.blogspot.com/2014/11/cara-memakai-atau-menggunakan-sepatu.html

    https://journalinforma.wordpress.com/2014/11/10/cara-ikat-sepatu-anda/

    BalasHapus