Selasa, 06 Maret 2012

MAGIC GLASS SHEET

Kaca Film ("Glass Sheet") umumnya digunakan sebagai penghalang matahari masuk ke dalam ruangan atau untuk mengaburkan isi ruangan di belakangnya. Pada perkembangannya produk Kaca Film mengadopsi unsur estetika sehingga penggunaannya tidak semata-mata bergantung kepada fungsional saja namun memperhatikan unsur visual juga.

Kaca Film dalam pemasangan dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan tukang pasang, pemasangan relatif sederhana dan dapat bertahan lama. Jika Kaca Film dinilai sudah kurang cocok atau sudah mulai mengelupas maka umumnya juga akan dilakukan penggantian. Pelepasan Kaca Film yang sudah terpasang cukup lama dapat menimbulkan bercak pada permukaan kaca akibat lem yang mengering dan tidak ikut mengelupas saat melepas Kaca Film lama.

Untuk mengatasi masalah ini, ditemukan satu teknologi lapisan Kaca Film baru yang dapat merekat kuat pada permukaan kaca tanpa lapisan lem adesif, artinya Kaca Film dapat dipasang kuat tanpa takut kesulitan waktu melepas nantinya. Proses pemasangan Kaca Film tanpa lem ini secara prinsip sama dengan Kaca Film biasa dengan lem, namun daya rekat tidak dihasilkan oleh lem namun oleh interaksi molekul yang dikenal dengan "Pressure Sensitive Adhesive". Sebagai hasilnya produk semacam ini dapat digunakan relatif berulang kali selama permukaan dalam keadaan bersih dan rata (bebas goresan).

Contoh Kaca Film tanpa lem ini seperti;





Jika dilihat secara prinsip tidak ada perbedaan antara motif dengan hasil yang diberikan antara Kaca Film dengan Lem dan Tanpa Lem. Namun dalam perkembangan ke depan kemungkinan Kaca Film tanpa Lem ini dapat lebih diminati karena relatif lebih praktis dan ramah lingkungan (bebas dari kimia lem).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar